Sirah Nabawiyah 03; Ringkasan Tahun Pertama

Oleh Syaikh Umar Abdul Jabbar

RINGKASAN TAHUN PERTAMA

  1. Dalam tahun pertama Hijriyah Rasulallah mendirikan masjidnya yang mulia, dan dalam tahun itu diadakan adzan
  2. Dalam tahun itu pula orang-orang yahudi madinah menampakkan permusuhannya terhadap kaum muslimin yang dibantu oleh orang-orang munafiq madinah. Kemudian Rasulallah mengadakan perjanjian dengan mareka.
  3. Dalam tahun itu juga Rasulallah mengutus pamannya dengan perang sariyah, untuk menyerbu khafilah Quraisy. Setelah itu berturut-turutlah peperangan selanjutnya. Adapun peperangan yang tidak fiikuti oleh Rasulallah sebanyak 47 kali dan yang diikuti oleh beliau berjumlah 27 kali.
  4. Pada tahun itu pula saudara Rasulallah, yaitu Ustman bin Mazh’um meninggal dunia. Setelah dimakamkan, Rasulallah memerintahkan menyiram makan itu dengan Air. Oleh beliau kemudian diletakkannya batu di atas makam itu, seraya berkata “batu ini untuk menandai makam saudaraku”.

خُلَاصَةُ السَّنَةِ الْأُوْلَى

  1. فِى السَّنَةِ الْأُوْلَى بَنَى الرَّسُوْلَ مَسْجِدَهُ وَفِيْهَا شُرِعَ الْأَذَانُ

  2. وَفِيْهَا اَظْهَرَتْ يَهُوْدُ الْمَدِيْنَةِ الْعَدَاوَةَ لِلْمُسْلِمِيْنَ. وَسَاعَدَهُمْ مُنَافِقُوْ الْمَدِيْنَةِ فَعَقَدَ الرَّسُوْلُ عَهْدًا بَيْنَهُمْ

  3. وَفِيْهَا اَرْسَلَ عَمَّهُ بِسَرِيَّةٍ لِاعْتِرَاضِ عِيْرٍ لِقُرَيْشٍ ثُمَّ تَتَابَعَتِ السَّرَايَا وَاْلغَزَوَاتُ حَتَّى بَلَغَ عَدَدُ سَرَايَاهُ سَبْعًا وَاَرْبَعِيْنَ سَرِيَةً وَعَدَدُ غَزَوَاتِهِ سَبْعًا وَعِسْرِيْنَ غَزْوَةً

  4. وَفِيْهَا تُوُفِّيَى أَخُوْ الرَّسُوْلُ مِنَ الرَّضَاعِ فَأَمَرَ بَعْدَ دَفْنِهِ بِرَشِّ قَبْرِهِ بِالْمَاءِ ثُمَّ وَضَعَ حَجَرًا عَلَيْهِ وَقَالَ: اَتَعَلَّمُ بِهِ قَبْرَ اَخِىْ.

Sumber Nurul Yaqin