Selalu Bersemangat Mendatangi Masjid Dapat Menghapus Dosa”

Pertanyaan;

Benarkah bila kita selalu bersemangat pergi ke masjid untuk beribadah dapat menghapus dosa?

Jaawaban;

Benarkah sekali bila kita selalu bersemangat pergi ke masjid untuk beribadah dapat menghapus dosa. Karena, selain untuk kepentingan shalat berjamaah, seseorang pergi ke masjid juga ada yang bertujuan untuk menghadiri majelis ta’lim, membaca Al-Qur`an, atau hanya sekedar i’tikaf. Di samping sebagai amalan mulia, berjalan menuju masjid memiliki pahala besar bila diniatkan untuk beribadah kepada Allah Subhaanahu wa Ta’aalaa dan mendekatkan diri kepada-Nya.

Dan hendaknya niat berada di masjid untuk menunaikan ibadah tanpa dilandasi rasa ingin dipuji orang lain. Karena sesungguhnya setiap amalan itu tergantung dari niatnya.

إِنَّمَا الْأَعْمَالُ بِالنِّيَّاتِ

“Semua perbuatan tergantung niatnya, dan (balasan) bagi tiap-tiap orang (tergantung) apa yang diniatkan.” (Hadits Bukhari Nomor 1)

Begitu besar pahala yang didapat bagi mereka dengan ikhlas selalu mengaitkan hatinya ke masjid. Sebab, setiap langkah kaki dan setiap detak jantung yang dugunakan untuk ke masjid, niscaya dapat menghapus dosa dan mengangkat derajat. Sebagaimana yang diriwayatkan oleh al-Imam Muslim dari sahabat Abu Hurairah radhiyallaahu ‘anhu. Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

أَلَا أَدُلُّكُمْ عَلَى مَا يَمْحُو اللهُ بِهِ الْخَطَايَا، وَيَرْفَعُ بِهِ الدَّرَجَاتِ؟ إِسْبَاغُ الْوُضُوءِ عَلَى الْمَكَارِهِ، وَكَثْرَةُ الْخُطَا إِلَى الْمَسَاجِدِ، وَانْتِظَارُ الصَّلَاةِ بَعْدَ الصَّلَاةِ، فَذَلِكُمُ الرِّبَاطُ، فَذَلِكُمُ الرِّبَاطُ

”Maukah aku tunjukkan kepada kalian sesuatu yang dengannya Allah Ta’ala akan menghapus dosa-dosa dan mengangkat derajat kalian? Menyempurnakan wudhu ketika dalam keadaan sulit, memperbanyak langkah menuju masjid, dan menunggu shalat sesudah selesai mengerjakan shalat. Yang demikian itu adalah perjuangan dan perjuangan.“ (Hadits Riwayat Muslim)

Baca juga;

Adab Pergi ke Masjid

Adab Berada di Masjid

Bagikan Artikel Ini Ke