Mengenal Salafi Bagian 03; Sifat-Sifat Allah Swt Yang Wajib Disembah

Diasuh Oleh KH. Ainur Rofiq Sayyid Ahmad Dan Tim LDSI


Tanya:

Apa sifat-sifat Allah SWT, Tuhan yang wajib disembah?

Jawab:

Sesungguhnya tidak ada Tuhan yang wajib disembah di dunia ini kecuali Allah, satu-satunya Tuhan yang tidak ada sekutu baginya. Dia Tuhan Yang Maha Esa,yang berhak diminta segala macam kebutuhan, Penguasa Yang Maha Kuasa, Maha hidup,Maha kekal, Maha dahulu sejak azali dan Maha Kekal selama-lamanya, Maha Mengetahui segala sesuatu, Maha Kuasa atas segala sesuatu, Maha berbuat apa yang Dia kehendaki dan Maha Menetapkan apa yang Dia kehendaki.

لَيْسَ كَمِثْلِهِ شَيْءٌ ۖ وَهُوَ السَّمِيعُ الْبَصِيرُ

Tidak ada sesuatu yang serupa dengan Dia, dan Dialah yang maha mendengar dan melihat.(QS. Asy-sura: 11)

Maha Suci Dia dari suatu yang menyamai-Nya, menanding-Nya, sekutu dan pembantu, tidak dibatasi oleh ruang dan waktu, tidak butuh sama sekali kepada sesuatu, tetapi segala sesuatu selain-Nya pasti membutuhkan-Nya. Dialah yang menciptakan seluruh makhluk beserta aktifitasnya, menetapkan rizki dan ajalnya, menciptakan mati dan hidup, taat dan maksiat. Kesehatan dan sakit, dia menurunkan kitab-kitab suci dan mengutus para rasul untuk memberi petunjuk kepada makhluk karena kasih sayang-Nya kepada mereka, menjanjikan pahala kepada mereka karena anugerah-Nya dan mengancam mereka dengan siksaan karena keadilan-Nya. Tuhan yang wajib disembah adalah tuhan yang memiliki sifat-sifat tersebut seluruhnya, yaitu Allah.

Allah berfirman:

هُوَ اللَّهُ الَّذِي لَا إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ ۖ عَالِمُ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ ۖ هُوَ الرَّحْمَٰنُ الرَّحِيمُ

Dialah Allah yang tiada Tuhan selain dia, yang mengetahui yang goib dan yang nyata, Dia-lah yang Maha pemurah lagi Mahapenyayang. (QS.Al-Hasyr:22)

Sumber: Al-Ajwibah al Damighah fi al Raddiala al-Aqa’id al-Za’ighah