Hukum Singgah di Masjid Tanpa Beribadah”

Pertanyaan;

Apa hukum singgah ke masjid namun tidak melaksanakan ibadah sama sekali?

Jaawaban;

Hukum singgah ke masjid namun tidak melaksanakan ibadah sama sekali adalah makruh, sebab masjid dijadikan sebagai tempat beribadah dan bukan tempat persinggahan. Oleh karenanya, sebaiknya setelah adzan dikumandakan, kita dianjurkan untuk tetap berada di dalam masjid sampai shalat berjamaah telah dilaksanakan, itu pun jika tidak ada udzur yanng menyebabkan kita keluar dari masjid. Hal ini sebagaimana yang telah dikisahkan dalam sebuah riwayat hadits berikut,

كُنَّا قُعُودًا فِي الْمَسْجِدِ مَعَ أَبِي هُرَيْرَةَ فَأَذَّنَ الْمُؤَذِّنُ فَقَامَ رَجُلٌ مِنْ الْمَسْجِدِ يَمْشِي فَأَتْبَعَهُ أَبُو هُرَيْرَةَ بَصَرَهُ حَتَّى خَرَجَ مِنْ الْمَسْجِدِ فَقَالَ أَبُو هُرَيْرَةَ أَمَّا هَذَا فَقَدْ عَصَى أَبَا الْقَاسِمِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ

“Kami pernah duduk bersama Abu Hurairah dalam sebuah masjid. Kamudian muadzin mengumandangkan adzan. Lalu ada seorang laki-laki yang berdiri kemudian keluar masjid. Abu Hurairah melihat hal tersebut kemudian beliau berkata : “ Perbuatan orang tersebut termasuk bermaksiat terhadap Abul Qasim (Nabi Muhammad) shallallahu ‘alaihi wa sallam” (Hadits Riwayat Muslim Nomor 655)

Beberapa udzur yang memperbolehkan keluar dari masjid antara lain, seperti mau ke kamar kecil, berwudhu, mandi, atau keperluan mendesak lainnya.

Jadi kalau terpaksa kita hanya singgah karena keperluan buang air di toilet masjid, agar tidak makruh sebaiknya ditambah dengan shalat sunnah atau hanya sekedar mengisi ibadah sedekah.

Baca juga;

Adab Shalat Berjamaah di Masjid

Adab Shalat Berjamaah

Adab Pergi ke Masjid

Adab Berada di Masjid

Bagikan Artikel Ini Ke