Hukum Pergi Ke Masjid Setelah Makan Bawang, Pete, atau Jengkol”

Pertanyaan;

Apa hukum pergi ke masjid setelah makan bawang sehingga badan dan bau mulut kita beraroma tidak sedap?

Jaawaban;

Hukum pergi ke masjid setelah makan bawang sehingga badan dan bau mulut kita beraroma tidak sedap adalah makruh sebab dapat mengganggu orang lain yang berada di masjid. Dianjurkan seseorang yang hendak pergi ke masjid tidak makan-makanan yang beraroma busuk seperti jengkol, pete, atau bawang. Hendaklah umat Islam pergi dan berada di masjid dalam keadaan bersih dan harum. Bila sudah terpaksa makan sejenis makanan yang beraroma tajam seperti petai dan jengkol hendaklah dibersihkan terlebih dahulu sehingga aromanya hilang.

Membersihkan diri dan pakaiannya serta diusahakan badan dan pakaiannya beraroma wangi. Hindari diri dan pakaian yang membuat orang lain terganggu, seperti tidak mandi, mulut bau busuk, dan lainnya. Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

مَنْ أَكَلَ مِنْ هَذِهِ الشَّجَرَةِ فَلَا يَقْرَبَنَّ مَسْجِدَنَا وَلَا يُؤْذِيَنَّا بِرِيحِ الثُّومِ

“Barangsiapa makan sebagian dari pohon ini-yaitu bawang-, maka janganlah dia mendekati masjid kami, dan janganlah dia menyakiti kami dengan bau bawang putih.” (Hadits Shahih Muslim Nomor 873)

Bila sudah berniat berada di masjid maka dilarang makan makanan yang menyebabkan bau mulut tidak sedap, seperti bawang putih, bawang merah, jengkol, pete, durian, dan termasuk bau asap rokok. Sebagaimana sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam,

“Dari Jabir radhiallahu’anhu bahwasanya Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda, “Barang siapa yang memakan dari tanaman ini (sejenis bawang dan semisalnya), maka janganlah ia mendekati masjid kami, karena sesungguhnya malaikat   terganggu   dengan   bau   tersebut, sebagaimana manusia.” (Hadits Riwayat Bukhari Nomor 854 dan Muslim Nomor 1 564)

Juga hadits Jabir, bahwa Nabi shallallahu’alaihi wasallam bersabda,

مَنْ أَكَلَ ثَوْمًا أَوْبَصَلاً فًلْيَعْتَزِلْنَا أَوْ قَالَ فَلْيَعْتَزِلْ مَسْجِدَنَا وَلْيَقْعُدْ فيِ بَيْتِهِ

“Barang siapa yang makan bawang putih atau bawang merah maka hendaklah menjauhi kita”, atau bersabda, “Maka hendaklah dia menjauhi masjid kami dan hendaklah dia duduk di rumahnya.” (Hadits Riwayat Bukhari dan Muslim Nomor 547)

Baca juga; Adab Pergi ke Masjid

Bagikan Artikel Ini Ke