Doa Menyambut Dan Memuliakan Bulan Rajab

Diasuh Oleh KH. Ainur Rofiq Sayyid Ahmad


PERTANYAAN:

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

  1. Setahu saya yang sering saya dengar dari banyak tausiyah bahwa bulan Rajab merupakan salah satu bulan yang dimuliakan Allah. Agar bisa memuliakan bulan ini adakah do’a khusus dari Nabi SAW. yang dapat saya baca?

JAWABAN:

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ

  1. Benar bahwa bulan Rajab merupakan salah satu bulan yang dimuliakan Allah. Untuk memuliakan bulan ini dianjurkan memperbanyak amalan seperti puasa sunnah, sedekah, dzikir, dan diantaranya do’a. Salah satu do’a khusus bulan Rajab yang pernah diajarkan Nabi adalah doa riwayat Ahmad No. 2346 “Allahumma Baariklanaa fi Rajab wa Sya’ban wa Balighnaa Ramadhaan”

وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

MARAJI’:

Do’a khusus bulan Rajab yang sangat disunnahkan dibaca oleh kaum muslimin untuk menyambut dan memuliakan datangnya bulan Rajab adalah hadits riwayat Imam Ahmad,

كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا دَخَلَ رَجَبٌ، قَالَ: «اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِي رَجَبٍ وَشَعْبَانَ، وَبَارِكْ لَنَا فِي رَمَضَانَ»

“Dulu ketika Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam memasuki bulan Rajab, beliau berdoa: Allahumma baarik lanaa  fii Rajabin wa sya’baana, wa baarik lana fii Romadhana (berkahilah kami dalam bulan Rajab dan bulan Sya’ban, serta berkahilah kami dalam bulan Ramadlan).” (HR. Ahmad No. 2346)

Takhrij Hadits:

Status hadits ini Ahad, dan sebagian pakar hadits mendhoifkan namun tidak sampai maudlu’ (palsu), sehingga dalam hal fadloilul a’mal dapat digunakan sebagai acuan amal ibadah.